Belajar Urban Farming Gratis di Kota Tangerang, Sekolah hingga Instansi Bisa Daftar

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang memiliki program edukasi urban farming secara gratis dan dibuka untuk umum. Edukasi urban farming ini berlangsung di UPT Produksi Benih Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (PBTPHP), yang terletak di Perumahan Korpri Blok AM, Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

 

Kepala DKP, Kota Tangerang, Muhdorun menjelaskan dalam program edukasi urban farming gratis ini DKP Kota Tangerang menghadirkan wadah edukasi yang menyenangkan untuk anak-anak, pelajar atau instansi tentang pertanian dan berkelanjutan di lingkungan perkotaan dengan lahan yang sempit.

 

“Melibatkan anak-anak atau pelajar dalam urban farming dapat memberikan pengalaman yang mendidik dan sekaligus menyenangkan. Hal tersebut, telah dibuktikan banyak sekolah yang berkunjung ke UPT PBTPHP Kota Tangerang. Setiap minggunya, selalu ada saja kunjungan sekolah-sekolah, didominasi tingkat PAUD, TK hingga SD,” ungkap Muhdorun, Rabu (17/01/2024).

 

Ia pun menjelaskan, UPT PBTPHP Kota Tangerang memiliki luas area sekitar 2 hektare. Pengunjung dapat mengeksplorasi berbagai tanaman, belajar teknik bercocok tanam yang inovatif hingga memahami proses produksi benih yang modern.

 

“Selain itu, pengunjung juga dapat mempelajari dunia budidaya ikan, seperti ikan nila, lele hingga patin. Tak ketinggalan, belajar memelihara hewan ternak. Seperti kambing peranakan etawa, kambing kosta, domba garut hingga domba moreno,” paparnya.

 

Sementara itu, cara mendaftar mengikuti edukasi urban farming gratis ini, kata Muhdorun sekolah atau instansi hanya perlu mengajukan surat permohonan kunjungan ke Kepala DKP Kota Tangerang, yang dikirim ke Kantor DKP Kota Tangerang, yakni Gedung Cisadane, Lantai 1.

 

“Selanjutnya, tim DKP Kota Tangerang akan memberikan konfirmasi jadwal kunjungan. Semoga kedepan, UPT PBTPHP Kota Tangerang menjadi agrowisata kebangaan Kota Tangerang. Kian dikenal dan bermanfaat untuk masyarakat Kota Tangerang dan lainnya,” harapnya. (Red/Aldo) (msar)

Mungkin Anda Menyukai