Debat Capres Terakhir, Polisi bagi Tiga Ring Pengamanan di JCC

Polisi telah menyiapkan pengamanan terbaru dalam menjaga keamanan salam debat Pilpres 2024 kelima untuk calon presiden (Capres) yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pukul 19.00 WIB, Minggu (4/2/2024).

 

“Kami jaga ring dalam maupun luar. Pola pengamanan hari ini sudah kami persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, kita evaluasi pola pengamanan debat sebelumnya, sehingga pengamanan hari ini akan lebih baik,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro saat dikonfirmasi di Jakarta.

 

Susatyo mengungkapkan, pihaknya menyiapkan 2.992 personel gabungan untuk pengamanan debat Capres pamungkas tersebut. Personel gabungan itu terdiri dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan Instansi terkait.

 

Personel yang terlibat pengamanan akan ditempatkan di Ring 1 area debat, Ring 2 sekitar lobi, pintu masuk JCC, kemudian di Ring 3 sektor terluar pintu-pintu masuk ke kawasan area GBK, hingga di kantong-kantong parkir.

 

“Untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas nanti melihat dinamika situasi di lapangan, bila nanti menjelang kedatangan pasangan calon (Paslon) terjadi kepadatan kendaraan, maka tentunya kami akan prioritaskan kendaraan Paslon,” ujar Susatyo.

 

Susatyo menegaskan, pihaknya selalu siap melakukan pengamanan semua kegiatan di wilayah Jakarta Pusat, termasuk kegiatan debat Capres nanti malam.

 

Lalu, Susatyo juga selalu menekankan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk bertindak persuasif, melayani, humanis, dan netral.

 

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti debat dirumah masing-masing. Kepada simpatisan dan para pendukung Paslon yang akan mengikuti prosesi debat di JCC untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga kegiatan Debat nanti malam berjalan dengan aman dan lancar,” ucap Susatyo.

 

Sebagai informasi, debat Capres kelima ini mengusung tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi serta kesejahteraan sosial dan inklusi. Debat Capres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia.

 

(msar)

Mungkin Anda Menyukai