Ini Sosok Ganjar Pranowo di Mata Anak Muda, dari Anak Desa hingga Calon Pemimpin Negara 

Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo tidak hentinya membuat banyak anak muda kagum. Kisah hidupnya yang merintis karier di bidang politik dari bawah selalu berhasil membuat banyak orang kagum dan menjadikan Ganjar Pranowo sebagai role model dalam meraih kesuksesan tanpa privilege orangtua.

Memang setiap manusia tentu ingin sukses mewujudkan impiannya. Misalnya sukses berkarier menjadi artis, dokter, ataupun politikus. Namun nyatanya hal tersebut tidak bisa diwujudkan dengan mudah oleh semua orang.

Biasanya seseorang dengan ekonomi menengah ke bawah harus berjuang sendiri meraih kesuksesannya. Tidak jarang hal tersebut membuat mereka kalah saing dengan orang-orang yang memiliki privilege tertentu dari orangtuanya.

Hal tersebut merupakan salah satu ketidakadilan di Indonesia yang semakin hari rasanya semakin banyak terjadi. Tentu saja fenomena tersebut membuat banyak anak muda yang marah. Salah satunya yakni Mohammad Syaeful Mujab, anggota Generasi Perintis asal Tegal, Jawa Tengah.

Lelaki yang akrab disapa Mujab ini menghabiskan masa kecil di rumah yang sederhana. Bahkan dirinya dibesarkan menggunakan nutrisi dari beras miskin.

“Saya besar dengan nutrisi dari beras raskin. Saya pernah mengantar orangtua saya untuk mengantre bansos. Saya merupakan sarjana pertama dari keluarga saya yang didapat dari hasil kerja keras ibu saya menjadi TKW,” kata Mujab saat ditemui di acara Perintis RISE di Post Bloc, Jakarta, Minggu (14/1/2024).

“Dan sampai akhirnya Pak Ganjar, saya baru pulang dari Inggris dengan beasiswa LPDP. Tetapi begitu saya pulang, harapan tentang proses itu akan mendapatkan tempat itu sirna semua. Karena dicontohkan oleh pucuk pimpinan bahwa proses itu bisa dilewati asal punya koneksi, asal punya bekingan,” katanya.

Mujab akhirnya membuat komunitas Generasi Perintis. Mujab menyampaikan jika Generasi Perintis ini merupakan wadah untuk anak muda biasa yang minim privilege namun tetap berjuang meraih kesuksesan.  “Kami di sini kumpulan orang-orang biasa yang lahir dengan minim privilege bukan anak siapa-siapa, bukan darah biru. Inilah kami Generasi Perintis.

Ini adalah sebuah gerakan yang bermula dari kemarahan dan kekecewaan bahwa proses di negeri ini, usaha keras dan kerja keras tidak mendapatkan tempat selayaknya Mas,” ujar Mujab.

“Pak Ganjar adalah pemimpin, tokoh,  figur yang tumbuh dari desa, dididik melalui organisasi kampus, diterpa oleh kaderisasi bertahun-tahun partai politik, mengabdi di masyarakat melalui legislatif, dan akhirnya menjadi Gubernur Jawa Tengah. Kisah itu menginspirasi kita semua bahwa orang biasa saja, bukan anak siapa-siapa bisa menjadi sesuatu,” ujarnya.

Melalui komunitas Generasi Perintis ini, Mujab dan banyak anak muda tidak takut untuk berjuang meraih kesuksesan dengan usaha sendiri dan kerja keras sendiri seperti yang dilakukan Ganjar Pranowo.

Mungkin Anda Menyukai