Mahfud MD Tegaskan Indonesia Warisan Ulama yang Harus Dijaga

Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD menegaskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan warisan para ulama bersama pendahulu bangsa yang harus dijaga.

 

Hal itu disampaikan Mahfud dalam Halaqah dan Dialog Kebangsaan di Pondok Pesantren (Ponpes) An Nur Ngrukem di Krapyak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu (24/1/2024).

 

“Indonesia ini dengan segala ideologinya adalah warisan ulama dan merupakan amanah dari Allah SWT kepada kita untuk menjaganya dengan baik sebagai suatu negara,” kata Mahfud.

 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) ini juga menyebut Indonesia adalah negara yang secara syar’i sudah sah sebagai produk perjuangan para ulama dan tokoh-tokoh lain.

 

Para ulama di zaman kemerdekaan dulu berembuk dan berijtihad untuk menghasilkan suatu mufakat di tengah berbagai perbedaan pendapat. “Para ulama itu berijtihad untuk dibawa ke permusyawaratan, lalu lahirnya Indonesia ini,” imbuhnya.

 

Oleh sebab itu, Mahfud menjelaskan pendapat Imam Al Ghazali tentang pentingnya peran ulama di dalam lingkungan sosial masyarakat hingga pemerintahan tertinggi negara.

 

Jika ulama memegang teguh nilai-nilai kebaikan, Mahfud yakin pemerintah, negara, dan kesejahteraan rakyat akan berjalan jauh lebih baik. “Untuk menjaga negara ini ada 3 unsur yang penting. Pertama rakyatnya harus baik, pemerintahnya harus baik, ulamanya harus baik,” pungkasnya.

 

Dalam Halaqah dan Dialog Kebangsaan ini, turut hadir Pengasuh Ponpes An Nur Ngrukem KH Yasin Nawawi, KH Asyhari Abta, KH Salaman, KH Ridwan, hingga KH Syofiullah Muzamil.

(msar)

Mungkin Anda Menyukai