Manfaat Senam Kegel, Baik untuk Ibu Hamil

Banyak ibu hamil melakukan senam, termasuk senam panggul atau kegel untuk pemperlancar proses kehamilan dan melahirkan.

 

Melakukan senam dasar panggul baik untuk ibu hamil karena membantu memperkuat otot dasar panggul dan menawarkan beberapa manfaat lain.

 

Dilansir healthshots, otot dasar panggul adalah sekelompok otot yang menopang kandung kemih, rahim, dan usus. Otot-otot ini membentuk tempat tidur gantung yang menempel pada tulang kemaluan di depan dan tulang ekor di belakang.

 

Jadi, uretra, anus, dan vagina melewati dasar panggul. Dasar panggul yang kuat membantu menjaga kesehatan kandung kemih dan mengontrol pergerakan usus dan juga penting untuk kesehatan seksual Anda.

 

Otot-otot ini juga penting bagi ibu hamil karena berdampak pada pertumbuhan bayi. Saat melahirkan, otot dasar panggul diharuskan melakukan pekerjaan ekstra dengan melakukan relaksasi atau melakukan peregangan agar bayi dapat dilahirkan.

 

Pentingkah berolahraga saat hamil?

Saat hamil, banyak terjadi perubahan hormonal yang menyebabkan otot lebih mudah melunak dan meregang. Perubahan ini seiring dengan pertumbuhan berat bayi memberikan tekanan pada dasar panggul yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang menderita masalah kandung kemih atau usus selama kehamilan dan setelah melahirkan.

 

Sekitar 1 dari 3 wanita mengalami inkontinensia setelah melahirkan. Namun, jika seseorang mengikuti latihan penguatan dasar panggul yang tepat selama dan setelah kehamilan, kecil kemungkinannya untuk kembali normal setelah melahirkan. Wanita harus fokus pada latihan otot panggul tidak hanya selama kehamilan atau setelah melahirkan tetapi sepanjang hidup mereka.

 

Olahraga ini akan menjadi bagian integral dari kehamilan, persalinan, dan pasca melahirkan. Salah satu latihan terbaik yang membantu memperkuat otot dasar panggul adalah senam Kegel.

Bagaimana cara melakukan senam kegel untuk memperkuat otot dasar panggul?

Untuk mengetahui cara melakukan senam dasar panggul dengan benar, Anda harus mengetahui di mana lokasinya. Anda dapat mengidentifikasi otot dasar panggul dengan mencoba menghentikan aliran urin saat mengosongkan kandung kemih. Jika Anda bisa melakukannya selama satu atau dua detik, Anda menggunakan otot yang tepat.

 

Seperti yang telah disebutkan, senam kegel adalah salah satu latihan terbaik untuk memperkuat otot dasar panggul.

 

Caranya, berbaring telentang dengan otot paha, bokong, dan perut rileks.

 

Sekarang remas otot-otot anus dan punggung seolah-olah sedang berusaha menghentikan buang angin.

 

Remas dan tahan otot-otot tersebut lalu rileks.

 

Pastikan bokong dalam keadaan rileks saat Anda bernapas normal.

 

Olahraga kegel dapat dilakukan setiap hari dalam posisi apa pun seperti duduk atau berdiri. Lakukan setelah buang air kecil dan usahakan melakukan minimal 3 set 8-10 tekanan dengan pernapasan yang benar.

Kapan waktu terbaik melakukan senam dasar panggul saat hamil?

Selama kehamilan, mulailah melakukan latihan ini segera setelah Anda mengetahui bahwa Anda hamil. Senam kegel adalah senam teraman dan terpenting jika Anda bisa mulai melakukannya sejak trimester pertama dan terus melakukannya sepanjang hidup Anda.

 

Olahraga ini dapat dilakukan kapan saja sepanjang hari. Anda dapat melakukannya meskipun Anda sedang menunggu di lampu lalu lintas, merebus air, memasak, atau menonton TV.

 

Manfaat senam kegel untuk ibu hamil

1. Meningkatkan kelancaran kehamilan

Latihan dasar panggul bila dikombinasikan dengan latihan penguatan inti dan punggung membantu Anda menjalani kehamilan dengan lancar tanpa nyeri punggung atau nyeri panggul. Seseorang dapat menggunakan alat peraga yang berbeda seperti cincin atau bola Pilates untuk membantu Anda mengontrol dasar panggul. Anda dapat memasukkan latihan-latihan ini ke dalam rutinitas Anda dengan mendedikasikan 20 menit untuk hal yang sama. Misalnya: Melakukan Kegel dengan squat, Kegel dengan bridge atau pose kucing dan unta dll. Konsultasikan dengan fisioterapis yang akan membantu Anda melakukan olahraga ini dengan postur tubuh yang benar dan pola pernapasan yang benar.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Senam dasar panggul penting dilakukan pasca melahirkan dan dapat dilakukan sejak Hari ke-1 atau ke-2 kelahiran. Ini membantu Anda meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut dan membantu pemulihan lebih cepat.

 

3. Membantu penyembuhan pascaoperasi

Terapi dasar panggul dapat membantu mengatasi banyak masalah pasca melahirkan seperti koordinasi otot panggul dan membantu penyembuhan yang tepat. Hal ini juga dapat mengatasi prolaps organ panggul akibat kelahiran dan juga membantu mengatasi nyeri saat berhubungan seksual. Latihan dasar panggul dan otot perut bagian dalam akan membantu Anda kembali ke bentuk sebelum hamil dan juga membantu penyembuhan di sekitar jahitan.

 

Senam dasar panggul bermanfaat bagi semua ibu baru terlepas dari cara persalinannya karena dasar panggul melemah sebesar 25 persen selama kehamilan karena faktor-faktor seperti menghasilkan bayi, rahim yang melebar, dan berat badan.

 

Jika Anda baru melakukan olahraga ini atau membutuhkan bantuan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan Terapis Fisik Dasar Panggul. Mereka dapat merekomendasikan latihan spesifik kepada Anda dan memastikan Anda melakukannya dengan benar.

(msar)

Mungkin Anda Menyukai