Sambangi Serang Banten, Alam Ganjar Kagumi Budaya Membaca Warga Kampung Pekijing

Kampung Pekijing di Kelurahan Kalanganyar, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Banten, menjadi daerah yang berhasil mengajak warganya untuk dekat dengan buku. Salah satu keunikan tersebut bisa terlihat dari adanya rak buku kecil yang tersedia di tiap depan rumah warga.

Menyimak hal ini, Muhammad Zinedine Alam Ganjar merasa kagum atas program budaya literasi yang ditanamkan kepada anak-anak di kampung tersebut.

“Luar biasa di Kampung Pekijing ini melihat bagaimana lintas generasi itu bergotong royong untuk melestarikan budaya baca buku dan banyak sekali rak buku di tempat umum yang setiap Minggu di rolling dari satu rumah ke rumah yang lain,” ungkap Alam Ganjar saat hadir di Kampung Pekijing, Selasa (16/1/2024).

Alam menilai cerita tersebut bisa dieksplorasi oleh banyak orang karena masih banyak fokus pariwisata yang belum dikerjakan agar kampung tersebut semakin berkembang.

“Daripada kita membuat objek wisata yang baru kayak camping ground atau flying fox, lebih baik konsep dari Kampung inilah yang seharusnya dijual dan perlu banyak orang kreatif yang membantu terkait bagaimana membungkus cerita tersebut untuk menjadi suatu hal yang bisa dikonsumsi dan juga bisa diminati oleh banyak orang itu sendiri,” lanjut Alam.

Putra tunggal Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo –yang juga diusung oleh Partai Perindo ini, melihat bagaimana kondisi pemuda di sini masih butuh banyak kegiatan afirmasi dan kolaborasi seperti NGO, Yayasan hingga akademisi yang turut berpartisipasi dalam proses pengembangannya.

“Karena emang cerita beberapa temen-temennya sekolah di perguruan tinggi pun masih bisa dihitung dengan jari,” jawab Alam.

Sebab, Alam menanggap peningkatan skill masyarakat di Kampung Pekijing ini sangat penting kondisinya, apalagi kondisi yang berkaitan dengan akses dasar pendidikan formal maupun non formal.

Untuk itu, Alam berpesan untuk pertahankan apa yang udah ada, seperti hidupn guyub, rukunn dan semangat untuk membangun desa yang selama ini sudah berjalan.

“Mari kita bersama-sama membuka tangan untuk banyak berkolaborasi dengan Kampung Pekijing ini tanpa mengganggu marwah kultur yang sudah tertanam,” pungkas Alam.

Selain dikenalkan dengan kampung bukunya, Alam juga diperlihatkan penampilan dari seniman lokal Kampung Pekijing hingga dikenalkan dengan permainan tradisional yang kerap dimainkan oleh anak-anak.

Dalam kesempatan tersebut Alam terlihat membacakan buku anak dihadapan anak-anak, dirinya tampak santai dan senang menikmati malam kebersamaan tersebut hingga larut.

Mungkin Anda Menyukai