Sering Makan Nasi dan Mie Goreng? Ini Dampaknya bagi Tubuh

Kebiasaan mengonsumsi makanan karbohidrat seperti nasi goreng, mie goreng, dan roti tampaknya sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Tidak hanya karena mudah untuk didapatkan, tetapi makan makanan tersebut juga mempunyai harga relatif murah sehingga dapat membuat pengeluaran menjadi lebih hemat.

 

Akan tetapi tahukah Anda bahwa ternyata mengonsumsi makanan berkarbohidrat seperti itu justru dapat menimbulkan masalah kesehatan?

 

Menurut Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Kevin Mak menjelaskan hal itu karena makanan tersebut dapat membuat seseorang sulit merasa kenyang dan justru ingin makan lebih banyak dan menjadi tidak terkontrol.

 

Lantas apa yang perlu dilakukan untuk meminimalisir masalah tersebut?

 

Dokter Kevin Mak menyarankan cara pertama yaitu mulai dari minum air 30 menit sebelum makan. Hal ini bertujuan agar membantu meregangkan dinding lambung serta melepaskan enzim pencernaan lebih efektif. Sehingga membuat makan tidak berlebihan.

 

“Yang pertama tiga puluh menit sebelum makan coba minum air setengah gelas sampai satu gelas,” kata dr Kevin Mak, dikutip dalam akun TikTok miliknya @drkevinmak, Sabtu (20/1/2024).

 

Lebih lanjut, pada cara kedua yaitu mengunyah makanan lebih lama, karena dengan mengunyah lebih lama akan memecah makanan menjadi lebih halus dan membuat enzim pada usus akan mencerna lebih efektif yang membuatnya tidak kembung atau pun tidak begah setelah makan.

 

Sedangkan apabila kedua cara itu tidak cukup efektif, Anda bisa menggunakan cara perbanyak konsumsi protein seperti telur, daging ayam, dan juga daging ikan. Karena makanan tersebut bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

 

“Dan jangan lupa juga perbanyak konsumsi protein di dalam pola makan Anda seperti telur, daging ayam, dan daging ikan karena protein mencetuskan pelepasan hormon kenyang paling efektif dari otak. Sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan Anda untuk ngemil yang gak jelas nih,” ucapnya. (msar)