Viral 3 Orang Indonesia Umrah Naik Sepeda, Makan Waktu 7 Bulan Sampai Makkah

Banyak jalan menuju Roma, itulah kata pepatah yang dipraktikkan oleh tiga orang Indonesia ini. Ya, mereka mendadak viral setelah menempuh perjalanan panjang dari Indonesia menuju kota suci Makkah di Arab Saudi menggunakan sepeda untuk menunaikan ibadah umrah.

 

Seperti kita tahu, umrah lazimnya merupakan kegiatan wisata religi yang dilakukan umat muslim yang mampu dari segi ekonomi dan persiapan fisik.

 

Alih-alih menggunakan jasa agen perjalanan, ketiga WNI ini justru memanfaatkan sepedanya untuk beribadah umrah.

 

Kisah ini viral setelah diunggah ke platform TikTok dengan akun @icabee_. Klip itu menunjukkan tiga orang Indonesia tiba di Makkah dengan masing-masing sepedanya. Disebutkan bahwa mereka menghabiskan waktu tujuh bulan untuk sampai ke Makkah!

 

“Lihat naik sepeda dari Indonesia,” ucap si perekam seperti dikutip dari video unggahan di akun TikTok @icabee_.

 

(Foto: TikTok @icabee_)

 

Video itu juga memperlihatkan sepeda yang digunakan beragam jenis, mulai sepeda lipat hingga road bike, sehingga kecepatan juga perlu diatur.

 

Kehadiran ketiga pria pada video itu menarik perhatian jamaah umrah lain, lantaran membawa sepeda dan rompi bertuliskan ‘Indonesia to Mecca’. Diketahui mereka berasal dari tiga daerah yang berbeda, yakni Madura, Serang, dan Magelang.

 

Meski wilayah keberangkatan terpisah, mereka terlihat kompak memakai baju gamis dan peci. Tak diketahui apakah ketiganya berteman sejak awal dan janjian bepergian ke Makkah dengan sepeda untuk umrah atau bertemu di kota suci tersebut.

 

Dari tanya jawab yang dilakukan si perekam video, diketahui bahwa ketiganya benar-benar mempersiapkan perjalanannya dengan sangat matang. Termasuk saat ban bocor di tengah perjalanan, di mana disiapkan tas berisi berbagai peralatan dan perbekalan ditaruh di boncengan sepeda.

 

“Ada beberapa yang ditaruh, peralatan camping dan masak,” ujar pria asal Madura yang mengenakan rompi hijau bertuliskan ‘Indonesia to Mecca’.

 

Tidak banyak yang ditanyakan mengenai perjalanan ketiga pria tersebut. Namun, usaha mereka sukses mengundang reaksi kekaguman dari warganet.

 

“Subhanallah kuasa Allah semoga di beri kesehatan bapak-bapak yang beribadah,” tulis @gabus****

 

(Foto: TikTok @icabee_)

 

“Kok bisa ya naek sepedah dari Indonesia ke Mekkah, Masya Allah, hebat sekali ya Allah,” tulis @jaena****

 

“Masya Allah tabarakallah subhanallah semoga bapak-bapaknya pada sehat walfiat slalu amin semangat terus semoga Allah subhanahu wa ta’ala melancarkan niat dan tujuannya,” tulis @hambaA****.  (msar)

Mungkin Anda Menyukai