Waspada! 5 Ruas Jalan Provinsi di Lebak Rawan Longsor

Sebanyak lima ruas jalan Provinsi Banten di Kabupaten Lebak dinyatakan rawan longsor. Kondisi ini disebabkan oleh letak jalan yang berada di area perbukitan dan pegunungan, menjadi pemicu seringnya terjadi longsor, terutama pada musim hujan dengan curah tinggi.

 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Jalan dan Jembatan (PJJ) Dinas PUPR Banten Wilayah Lebak, Agus Mufariq menjelaskan bahwa kelima ruas jalan yang rawan longsor meliputi jalan Cipanas-Ciparay, Gunung Luhur-Cipulus, Ciparay-Cikumpay, Bayah-Cikotok, serta Picung-Malingping-Simpang.

 

“Kelima titik tersebut rawan longsor karena berada di area perbukitan. Terlebih saat musim penghujan, kemarin saja sudah ada kejadian longsor di salah satu titik,” ujar Agus Mufariq pada Rabu (24/1/2024)

 

Agus mengimbau agar pengguna jalan berhati-hati saat melintasi lima ruas jalan tersebut, terutama dalam kondisi hujan, untuk mencegah kemungkinan terjadinya longsor.

 

Saat ini, kata Agus, pihaknya telah menyiapkan tim siaga longsor dan alat berat, termasuk empat alat berat, empat mesin chainsaw, dan tiga mobil dump truck, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pengguna jalan. Tim siaga longsor akan berjaga-jaga hingga musim penghujan berakhir.

 

Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, UPTD PJJ Wilayah Lebak, Firman Zuliansah menambahkan bahwa mayoritas longsor di kelima ruas jalan tersebut disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Oleh karena itu, pihaknya selalu siaga dan siap melakukan penanganan cepat jika terjadi longsor.

 

“Masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati, karena suatu saat longsor dapat terjadi. Dengan kesiapan tim siaga longsor dan alat berat, penanganan dapat dilakukan dengan lebih efisien,” ungkap Firman.

 

(msar)

Mungkin Anda Menyukai